2 April 2017

ETERNAL IDOL

   Selain departemen gitar, salah satu kekuatan utama band simponik metal terletak pada karakter vokal penyanyinya. Mengenai hal tersebut mungkin bisa kita simak pada kelompok musik asal Italia ini. Dengan mengambil nama Eternal Idol, band ini cukup mampu menunjukkan keunggulan dengan mengeluarkan satu album perdana di tahun 2016 yang lalu.
   Duet vokal yang masih sangat jarang kita temukan di genre musik simponik metal dihadirkan melalui keserasian suara pria dan wanita. Satu perpaduan warna vokal yang kuat dilantunkan oleh Fabio Lione dan Giorgia Colleluori. Saking pasnya kolaborasi warna suara dari keduanya, pada bait tertentu lagu-lagu Eternal Idol, kita mungkin hampir tidak bisa membedakan suara dari mereka masing-masing.
   Hadir dengan tittle album "The Unrevealed Secret," Eternal Idol menyuguhkan lagu-lagu bergenre simponik metal dengan kemegahan khas musik mereka. Bahkan ada beberapa lagu progresif rocknya yang mengandung unsur klasik rock hingga album ini menjadi penuh warna. Hampir semua lagu di album ini memberikan harmonisasi nada yang sulit ditebak. Hal ini dapat memberikan pembelajaran yang baik bagaimana sebuah lagu diciptakan tidak selalu mengikuti format baku tetapi juga dapat memberikan nada-nada yang original dan unik. Memang terkait album ini, pada akhirnya kita harus mendengarkan semua lagunya sehingga kita dapat menilai kualitasnya secara keseluruhan.
   Beberapa lagu seperti: "Beyond," "Desidia," "Hall of Sin," dan "Stormy Days" serta nomor slow "A Song in The Wind" cukup mewakili karakter dari Eternal Idol. Sedangkan lagu "Is The Answer Far From God" bisa dijadikan andalan di album ini karena asyik didengar dan cukup menghibur.
   Sebagai band dengan kekuatan dua orang vokalisnya yang begitu disiplin dan lepas dalam bernyanyi, tentu hal ini didukung oleh jam terbang yang tidak sedikit. Fabio Lione merupakan vokalis pria dari band Angra dan Vision Divine yang juga sebelumnya pernah singgah di Kamelot dan Rhapsody of Fire. Sedangkan Giorgia Colleluori adalah vokalis wanita yang berasal dari band Hollow Haze. Untuk departemen gitarnya dipercayakan kepada Nick Savio yang juga berasal dari band Hollow Haze. Di album ini, Nick cukup agresif memainkan lead dengan penekanan jari-jemari di atas fret gitar yang sangat maksimal hingga dapat mencuri perhatian pendengar dengan lick-lick yang juga berbahaya.
   Jika anda mendengarkan keseluruhan lagu di album "The Unrevealed Secret" ini secara berulang-ulang, anda akan menemukan sisi lain dari keindahan warna vokal Fabio dan Giogia. Dengan demikian mungkin anda juga akan mencintai album dengan hasil rekaman yang sangat bagus ini. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar