21 Mei 2013

TIMO TOLKKI

   Timo Tolkki adalah sosok gitaris dengan pembawaan yang sangat tenang di atas panggung. Walaupun musik yang dibawakan tergolong keras, tapi ia tetap tidak mau menonjolkan diri dengan porsi gitar yang mendominasi permainannya. Dunia power metal sudah ia lalui dengan jam terbang yang cukup dengan asam garam bersama band kebanggaannya terdahulu Stratovarius. Sejak kepergiannya dari Stratovarius, kemudian ia pun sibuk dengan berbagai proyek solo seperti: Revolution Renaissance, Symfonia dan terakhir Avalon.
   Kini Timo Tolkki begitu menikmati dunia musiknya yang baru yaitu simponik metal opera. Pada karyanya yang terbaru bersama Avalon project, ia seperti menemukan pengembangan sisi lain dalam style bermusiknya yang selama ini ia cari. Avalon merupakan proyek yang mengagumkan dimana kita bisa mendengar banyak hal berbeda di dalamnya seperti juga halnya "Hymn to Life" pada solo albumnya yang kedua. Beberapa lagu dibalut dengan sentuhan orkestra, contohnya "Avalanche Anthem." Dalam Avalon, Timo melibatkan musisi-musisi papan atas didunianya. Hampir semua lagu dalam Avalon bisa kita nikmati dengan puas. Mungkin ini dikarenakan harmoni maupun melodinya tidak tergolong berat dan mudah dicerna telinga. Untuk sound gitar, sepertinya Timo Tolkki tidak perlu lagi bermain cadas seperti ketika ia di Stratovarius. Ia mengurangi distorsi pada semua lead guitarnya, mungkin agar seimbang dengan orkestrasinya. Kita juga bisa merasakan adanya perenungan panjang pada aransemen lagu-lagunya yang menunjukkan keseriusan dalam berkarya. Walaupun demikian Timo masih belum bisa meninggalkan karakter Stratovarius pada beat drum di dua lagunya yaitu: "We will find away" dan "The magic of the night."
   Hal lain yang menarik di Avalon adalah kejeniusan Timo Tolkki dalam menemukan vokalis wanita yang sangat menjanjikan di masa mendatang. Dia adalah Elize Ryd. Mungkin siapapun yang mendengarnya terkesima dengan suaranya di Avalon. Selama ini Elize Ryd adalah vokalis Amaranthe yang beraliran death metal modern dengan sentuhan pop didalamnya. Kehadiran Elize Ryd di Avalon sangat besar pengaruhnya bagi keunggulan album tersebut dari segi kualitas.
   Secara keseluruhan album Avalon telah menunjukkan kepada dunia bahwa Timo Tolkki adalah musisi sekaligus composer metal yang tetap berjaya dengan segudang talenta bermusiknya yang masih bisa terus dieksplorasi melalui karya-karya yang mumpuni.     

Tidak ada komentar:

Posting Komentar