26 Mei 2013

MATIAS KUPIAINEN

LEBIH FRESH

   Mencari pengganti posisi gitaris senior pasti tidaklah mudah, apalagi gitaris tersebut memiliki andil besar dalam perkembangan sebuah band hingga band tersebut menjadi terkenal dan berkarakter. Hal inilah mungkin yang dialami Stratovarius sewaktu gitaris utama mereka hengkang. Tapi untungnya Stratovarius menemukan orang yang sangat tepat hingga band power metal itu tetap eksis.
   Dia adalah Matias Kupiainen, musisi asal Finlandia. Dari segi skill, gitaris yang satu ini sudah terbukti kemampuannya. Jari-jemarinya begitu lihai bergerak diatas fret gitar hingga dapat melahap lagu-lagu Stratovarius dengan baik. Seiring berjalannya waktu, Matias kupiainen masih mampu beradaptasi sampai tiga album terakhir yang cukup bagus berjalan dengan mulus ke telinga penggemar.
   Kehadiran Matias Kupiainen di album "Polaris," "Elysium" dan "Nemesis" memberi warna tersendiri bagi band legendaris tersebut. Diusianya yang masih muda, tentunya ia membawa potensi dan semangat ekstra dibanding para seniornya. Di tangan Matias Kupiainen, lagu-lagu Stratovarius terdengar menjadi lebih fresh dengan variasi ritem yang penuh warna, seperti pada lagu yang berjudul "Under flaming skies." Penampilan dan interaksi diatas panggung pun menjadikan band Stratovarius menjadi lebih hidup. Dalam hal style permainan gitar mungkin bisa dikatakan perpaduan antara John Petrucci dan Michael Romeo. Itu dikarenakan alternate picking-nya sangat cepat dan halus.
   Jika diperhatikan dari ketiga album terakhir, tentu terlihat jelas bagaimana seorang Matias Kupiainen memberikan dampak yang cukup signifikan bagi perkembangan musik Stratovarius ke depannya. Kini ia sudah banyak terlibat dalam menciptakan lagu-lagu Stratovarius yang baru, sehingga band ini bisa terus dicintai oleh para penggemarnya dalam lintas generasi sampai sekarang.    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar