30 Agustus 2012

YNGWIE JOHANN MALMSTEEN

VIRTUOSO ELEKTRIK GITAR KLASIK

   Mungkin cuma Yngwie Malmsteen yang telah mengeluarkan album orkestra menggunakan gitar elektrik sebagai instrument utamanya dengan sentuhan musik yang benar-benar klasik kental. Bersama dengan The Czech Philharmonic Orchestra (Recording) dan bersama The New Japan Philharmonic Orchestra (Live performance), Yngwie telah memberikan suguhan yang menarik dan berharga secara teknikal bagi para gitaris pecinta aliran neoklasik. Dibutuhkan suatu keberanian ekstra untuk melakukannya, dimana seakan-akan ia menggantikan posisi biola sebagai soloisnya. Lagu-lagu yang dimainkannyapun hampir semua bertema klasik. Disini Yngwie membuktikan bahwa kejeniusannya dalam bermusik (klasik) merupakan keistimewaan yang dimilikinya selain kemahirannya dalam hal permainan cepat.
   Selama ini Yngwie Malmsteen dikenal sebagai seorang gitaris neoklasik metal yang telah menciptakan standar baru dalam hal kecepatan bermain gitar. Ia pun didaulat sebagai pelopor gitar shreeder. Kalau kita menyimak penampilannya di concerto tersebut, terlihat dengan jelas bagaimana feeling dan kepekaan yang luar biasa telah ditunjukan Yngwie terhadap aliran musik yang diusungnya. Bermain solo tanpa ketukan seorang drummer tapi jari-jemari Yngwie tetap dapat melesat dengan cepat di track yang tepat. Benar-benar sebuah suguhan yang luar biasa mumpuni. Bahkan konon dalam penampilan live orkestra nya, Yngwie mempersiapkan acara tersebut tanpa GR.
   Sebagai dewanya kecepatan (Godspeed), Yngwie seolah telah menciptakan suatu kriteria yang hanya berlaku bagi dirinya. Baginya unsur kecepatan identik dengan kesempurnaan.

1 komentar: