30 Agustus 2012

DUA GITARIS SENIOR TANAH AIR

Saat ini negeri kita dibanjiri oleh gitaris-gitaris muda berbakat yang jumlahnya sangat banyak tersebar di seluruh Indonesia. Tapi tahukah anda bahwa di era '80an cuma ada beberapa gitaris kita yang sempat berjaya. Tidak seperti sekarang banyak yang beruntung aktif di area band maupun area clinic atau edukasi sebagai akibat dari kemajuan teknologi dan media informasi. Dua gitaris senior kita dahulu yang layak diperhitungkan pada masa itu antara lain:

EDI KEMPUT

Namanya mencuat seiring dengan munculnya band Grass Rock. Dahulu band tersebut sangat terkenal dengan beberapa albumnya dan sering tampil dipanggung-panggung rock Indonesia kadang bersama Nicky Astria, Achmad Albar atau God Bless. Kemampuan  bergitar Edi Kemput bisa dibilang diatas rata-rata dan memiliki gaya permainan ala Steve Vai tapi tidak mengumbar distorsi. Performancenya yang sangat baik bisa dilihat pada waktu mengiringi penampilan Iwan Fals di salah satu project acara stasiun TV swasta secara berkala beberapa tahun yang lampau. Saat ini ia masih eksis sebagai gitaris dan tergabung di salah satu Big Band yang cukup terkenal di Tanah Air. 

TOTOK TEWEL

Nama yang unik tapi juga melegenda. Totok Tewel juga dikenal lewat bandnya Elpamas. Ia pun sering tampil dipanggung rock Indonesia, terutama bersama Mel Shandy yang juga terkenal sebagai vokalis rock wanita yang diperhitungkan pada masa itu. Gaya permainan gitarnya yang bagus bisa disimak lewat salah satu album Elpamas yang paling beda bersama vokalis Ecky Lamoh yaitu album BOS (Kami makan apa..?) yang sudah sangat langka dan sulit mendapatkan kaset maupun CDnya. Di album itu Totok Tewel memperlihatkan teknik gitar yang maksimal dengan corak sound yang lebih moderen. Disamping itu kesibukannya juga sempat tersita di beberapa proyek Kantata nya Setiawan Djodi. Saat ini ia juga masih aktif bermusik bersama band Iwan Fals dan belum lama pernah menjadi endoser Gitar Yamaha seri RGX A2. Totok Tewel adalah gitaris pengagum komposer-komposer klasik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar