18 April 2013

STEPHAN FORTE

   Sosok gitaris eksentrik dengan sorot matanya yang misterius ala gothic. Sebagai salah satu personil yang tergabung dalam pembuatan album sejak 2001 bersama "Adagio," sebuah band asal prancis beraliran progressive metal. Sudah empat album mereka rilis, dengan lagu-lagu di dalamnya yang cukup berbobot. Stephan Forte memang sudah terlihat lebih menonjol di "Adagio." Dengan permainan melodi gitarnya yang berstandar shredder, membuat dirinya perlahan-lahan muncul di blantika musik dunia khususnya solo gitar. Apalagi setelah ia mengeluarkan album yang berorientasi gitar bertittle: "The Shadows Compendium," menjadikannya semakin pantas masuk ke jajaran gitaris kelas dunia yang patut diperhitungkan.
   Itensitas permainan gitarnya di "Adagio" cukup tinggi. Hal ini tampak pada beberapa lagunya yang seperti memiliki dua chorus atau terdengar melalui stereo seperti duet gitar kanan-kiri, sehingga terbuka banyak kesempatan pada dirinya untuk bermain solo. Dengan pola ritem yang padat dan sound agak gelap sejalan dengan eksplorasi double pedal drummernya membuat setiap lagu "Adagio" bertenaga.
   Sementara di album solo, Stephan Forte lebih banyak menunjukkan unsur kecepatan dengan pedekatan nada-nada tinggi, dimana di dalamnya bertaburan teknik-teknik seperti: sweep picking maupun down stroke. "The Shadows Compendium" adalah album solo dengan permainan gitar tingkat tinggi yang sudah sejak lama ia impikan, dan kini hal tersebut telah terwujud sebagai bukti bahwa dirinya adalah gitaris metal produktif dengan permainan gitar yang terus berkembang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar