13 Juli 2012

GITARIS TEKNIKAL TERNAMA SEPANJANG MASA

Dunia gitar telah melahirkan banyak sekali hero gitar yang masing-masing memiliki gaya dan ciri khas permainannya sendiri. Mulai dari era Jimi Hendrix sampai eranya gitaris-gitaris muda berbakat seperti: Rusty Cooley, Herman Li dll. Berikut ini merupakan GITARIS ROCK teknikal yang paling menginspirasi dunia serta masih eksis berkarya sampai sekarang.

< STEVE VAI
Termasuk dalam salah satu gitaris yang paling inspiratif. Kepiawaiannya dalam menerapkan hampir semua teknik dalam bermain gitar menjadikannya sebagai layaknya guru di kalangan gitaris dunia. Dari segi pengolahan sound, Steve Vai adalah rajanya. Gitar signature-nya saja konon menggunakan pickup yang sangat sensitif & sustainable sehingga suara yang keluar kaya akan warna. Sebelumnya Steve Vai merupakan gitaris dari beberapa band legendaris yang akhirnya memutuskan untuk bersolo karir dengan mengkhususkan diri dalam format musik instrumentalia gitar.


YNGWIE MALMSTEEN >                                    
Merupakan shredder sejati. Kecepatannya memainkan lick-lick yang akurat menjadikannya sangat disegani. Yngwie merupakan pelopor aliran "Neoclassic Metal." Beberapa julukan seperti dewa gitar, maestro gitar maupun virtuoso gitar melekat erat pada dirinya. Salah satu hal yang patut dicontoh dari Yngwie adalah konsistenitas dalam bermusiknya. Ia tidak pernah keluar dari jalurnya atau format musiknya walaupun corak soundnya berubah-ubah dalam setiap album. Flips style adalah salah satu ciri khasnya yang paling ditunggu-tunggu penggemarnya di atas panggung. Karena itu Yngwie terlihat sangat atraktif dalam setiap penampilannya.                                                                                                                                                                    
< JOE SATRIANI                                    
Gitaris yang satu ini sangat bersahaja dan selalu menebar senyum. Permainannya keren sekeren namanya. Dalam setiap albumnya selalu melahirkan lagu-lagu dengan aransement standar sehingga mudah diingat. Walaupun standar tapi kelasnya menunjukkan teknik permainan tingkat tinggi. Control pitch dengan nada tinggi melengking  yang sempurna merupakan senjata andalannya dalam setiap penampilannya. Kalau kita menyimak karya-karyanya kita seakan terbawa oleh emosi lagunya yang seperti bercerita tentang sesuatu sesuai judulnya. Begitulah Joe Satriani yang tidak pernah berhenti bercerita melalui permainan gitarnya sehingga hampir tidak pernah vakum dalam karier bermusiknya.

PAUL GILBERT >
Dibesarkan bersama sebuah Band legendaris "MR.BIG", membuatnya beruntung dalam menambah jam terbang dan aktualisasi maksimal permainan gitarnya. Dari segi performance, Paul gilbert termasuk gitaris yang paling sederhana dalam hal penampilan. Dia juga rendah hati dan selalu humoris di atas panggung sehingga terlihat interaktif dengan penonton. Teknik bermain gitar dengan tingkat kesulitan tinggi biasa dimainkannya dengan santai. Artikulasi petikan gitarnya juga terkenal sangat presisi. Semuanya itu telah membentuknya menjadi seorang pemain solo yang patut diperhitungkan sekaligus menjadi panutan bagi banyak gitaris di seluruh dunia hingga saat ini.

< JOHN PETRUCCI
Pembawaannya terkesan sangat tenang diatas panggung. Tapi itu tidak menghilangkan kesan garang dalam permainan gitarnya. Konsep bermusiknya sebagai solois hampir sama dengan "DREAM TEATHER", band Rock Progressive tempatnya bernaung selama ini. Memainkan lagu dengan durasi panjang  dan rumit serta kemampuannya dalam mengingat serta menghafal aransement melodi maupun ritem dengan sangat baik patut mendapat nilai plus. Menemukan sosok dengan talenta tersebut sudah sangat sulit dan jarang dimiliki oleh gitaris-gitaris yang tumbuh di era musik easy listening seperti sekarang.


EDDIE VAN HALEN >
Puncak ketenarannya mungkin telah berlalu karena sempat lama vakum di dunia musik. Berkat perjuangan dan kecintaan pada dunianya serta  kerinduan dari para penggemarnya untuk kembali lagi di panggung rock dunia membuat Eddie bangkit. Saat ini ia sudah aktif kembali dengan mengeluarkan beberapa album yang cukup sukses. Salah satu gitar sighnature-nya (berwarna merah dengan corak garis-garis putih menyilang) yang unik dan legendaris merupakan kebanggaan dunia. Juga teknik two handed tapping dan brown sound yang sering dimainkannya telah menginspirasi banyak gitaris di dunia.
                                                                                            
_____________________________

Tidak ada komentar:

Posting Komentar